Tips Membeli Rumah Pertama di Tangerang

1242 views
banner 300x280

Tangerang adalah sebuah kota yang terus berkembang sejak beberapa puluh tahun ke belakang. Didongkrak oleh perusahaan pengembang swasta, Tangerang kini menjadi daerah incaran bagi orang-orang Jakarta dan sekitar untuk membeli rumah. Hal ini disebabkan karena harga jual rumah di Tangerang masih relatif murah jika dibandingkan dengan harga rumah di Jakarta.

Jika Anda adalah pasangan baru yang ingin membeli rumah, Tangerang bisa menjadi kota pilihan. Selain harga yang ditawarkan cukup terjangkau, akses jalan dan fasilitas umumnya juga sudah lengkap dan sangat memadai

Namun, membeli rumah pertama bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan berkaitan dengan lokasi dan harga jualnya. Nah, untuk membantu Anda memilih rumah, cobalah untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Perhitungan Pendapatan Gabungan

Untuk meringankan beban, sebaiknya Anda dan pasangan membayar rumah dengan cara dicicil. Hal ini sangat membantu, apalagi ketika uang tabungan Anda dan pasangan belum mencukupi untuk membeli rumah secara tunai.

Jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja, mulailah dari menghitung jumlah pendapatan Anda berdua setiap bulannya. Ingat, hitunglah pendapatan pasti per bulan. Jangan masukkan bonus, komisi atau pendapatan yang tidak tentu dalam hitungan tersebut. Ini akan membuat Anda terhindar dari pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan setiap bulannya.

 

  1. Jangan Mudah Terpesona oleh Tampilan Luar Rumah

Yang harus Anda perhatikan adalah material bangunan rumah, bukan hanya tampilan luarnya. Biasanya, pengembang perumahan akan memberikan rincian material yang digunakan dalam pembangunan rumah tersebut. Hal ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan rumah.

Sedangkan untuk tampilan luar, Anda dapat menyesuaikan dekorasi eksterior dan interior sesuai selera Anda nanti setelah proses pembelian rumah selesai.

 

  1. Hindari Memilih Tenor Singkat

Banyak orang mengira, memilih tenor yang singkat akan meringankan beban mereka karena cicilan akan lebih cepat selesai. Nyatanya, tenor cicilan yang singkat akan lebih membebani pengeluaran bulanan Anda.

Jangan lupa bahwa Anda mungkin memerlukan uang simpanan untuk mengantisipasi pengeluaran tidak terduga seperti pengobatan jika ada yang sakit, persalinan, ataupun sekolah anak.

 

  1. Perhitungkan Jarak ke Transportasi Umum

Terkadang, jarak dan akses tranportasi umum tidak terlalu diperhitungkan oleh pembeli rumah, karena mungkin mereka sudah memiliki kendaraan sendiri. Padahal, mungkin saja suatu saat kita juga membutuhkan transportasi umum.

Maka dari itu, pilihlah perumahan yang memiliki akses dekat ke transportasi umum. Di Tangerang, transportasi umum bisa berupa angkutan umum, Kereta Rel Listrik atau KRL, dan bus.

Rumah yang dekat dengan jalur transportasi umum juga kelak akan memudahkan kerabat atau teman yang tidak memiliki kendaraan pribadi untuk berkunjung ke rumah Anda.

 

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Anda perlu memperhatikan perkembangan lingkungan sekitar. Satu hal yang sering terlewat adalah tidak memperhatikan letaknya warung. Walaupun terdengar tidak penting, tetapi adanya warung atau toko kelontong akan memudahkan Anda dalam membeli kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, coba bicara dengan satu atau dua penduduk yang sudah tinggal di perumahan tersebut. Dari sini Anda bisa mendapatkan informasi bagaimana keadaan sehari-hari di perumahan serta apakah ada potensi banjir serta bahaya lainnya.

 

  1. Asuransikan Rumah

Beberapa program KPR di Tangerang menawarkan asuransi rumah. Sebaiknya Anda tanyakan kepada bank tempat Anda mengajukan KPR, apakah program KPR sudah memiliki program asuransi di dalamnya atau apakah Anda harus mengajukan asuransi rumah secara terpisah.

Kadang pembeli rumah pertama terlalu bersemangat ketika pengajuan KPR mereka disetujui sehingga tidak memikirkan tentang asuransi rumah. Sedangkan, asuransi rumah sangat diperlukan terutama untuk rumah cicilan dengan tenor lebih dari 10 tahun.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga seperti kebakaran, pencurian atau perusakan.

Di Tangerang sendiri sekarang sudah terdapat lebih dari 200 perumahan dengan berbagai pilihan luas perumahan dan jumlah unitnya. Sebagai orang yang baru pertama kali membeli rumah, Anda jangan lelah untuk melakukan survei ke lokasi perumahan yang Anda inginkan. Ada baiknya juga untuk berburu informasi dari pameran rumah yang sering diselenggarakan di Tangerang.

Anda dapat mengumpulkan informasi tentang perumahan murah di Tangerang lalu membandingkan harga, lokasi, dan fasilitas perumahan tersebut. Kalau perlu, catat kekurangan dan kelebihan beberapa perumahan pilihan, sehingga Anda benar-benar bisa menemukan perumahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Memang, proses pemilihan dan pembelian rumah pertama tidak mudah dan memakan waktu yang cukup lama. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan serta harus hati-hati dalam pengajuan kredit ke bank. Pastikan Anda memiliki dokumen dan persyaratan yang lengkap, sehingga pengajuan Anda mudah disetujui.

Namun melalui proses yang lama dan hati-hati inilah, Anda akan mendapatkan rumah yang nyaman, aman serta sesuai dengan kemampuan Anda dan pasangan.

Tags: #Rumah di Tangerang #Rumah Dijual Tangerang

banner 300x280

Leave a reply "Tips Membeli Rumah Pertama di Tangerang"

Author: 
    author