Tips Memilih Semen yang Baik Digunakan

1255 views
banner 300x280

Semen adalah salah satu bahan yang penting dalam sebuah pembangunan bangunan baik rumah maupun pagar serta bangunan lainnya. Tanpa semen maka tidak akan mungkin manusia bisa mendirikan dan merangkai pasir atau bata menjadi kuat. Ada banyak sekali jenis dan merk semen yang saat ini beredar di pasaran. Masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Harga semen pun semakin bervariasi. Dimana kualitas terbaik umumnya ditentukan oleh harga semen itu sendiri. Dimana semakin mahal harganya maka akan semakin bagus kualitas dari semen itu sendiri dan sebaliknya.

Namun, ternyata kualitas semen itu sendiri tidak bisa hanya ditentukan oleh harga saja, melainkan juga ditentukan oleh beragam kriteria lain. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi dalam memilih semen terbaik untuk digunakan untuk membangun rumah idaman anda :

Tidak Menggumpal

Secara fisik anda dapat membedakan semen dengan kualitas baik dan tidak dari indikasi menggumpal atau tidaknya semen tersebut. Semen yang memang dalam durasi lama berada di dalam gudang penyimpanan akan membentuk sebuah gumpalan dan bisa jadi mengeras dan tidak bisa digunakan lagi. Dalam hal ini, jika anda telah membelinya, maka akan lebih baik jika anda terlebih dahulu mengayak semen tersebut sebelum digunakan. Namun apabila belum, maka akan lebih baik menghindari semen yang telah menggumpal tersebut untuk dibeli.

Waktu Mengeras

Pada dasarnya ada dua waktu acuan ketika semen akan mengeras. Dimana waktu awal atau setting time yakni waktu yang dibutuhkan oleh semen untuk mengeras setelah bercampur dengan air. Proses ini umumnya berlaku sekitar 45 menit. Kemudian ada waktu ikat akhir atau final time. Ini adalah waktu yang dibutuhkan semen untuk kemudian bisa digunakan atau dipegang dan diinjak yakni waktunya adalah antara 6-7 jam. Dalam hal ini, semakin cepat waktu semen menjadi mengering dan mengeras maka akan semakin bagus kualitas dari semen tersebut dan juga sebaliknya, jika semakin lambat maka kualitasnya pun akan semakin jelek.

Adukan Lebih Rapat dan Pekat

Pilihlah semen yang kaya akan kandungan logam dan mineral. Hal ini dikarenakan ketika kandungan tersebut banyak terdapat dalam semen maka kualitas rekatan dari semen itu pun akan semakin maksimal dan baik. Semakin kuat rekatannya, maka akan semakin tahan lama dan semakin hemat karena waktu perawatannya akan lebih lama dibandingkan dengan yang menggunakan kualitas yang jelek.

Kemasan Tertutup Sempurna

Jika anda membeli semen pastikan kemasan semen tersebut masih tertutup dengan sempurna. Hal ini bertujuan untuk memastikan kualitas dari semen yang ada di dalamnya masih baik dan tidak menggumpal. Jika kemasannya sudah terbuka, dikhawatirkan semen yang ada di dalamnya pun sudah rusak dan sudah menggumpal sehingga besar kemungkinan sudah tidak bisa digunakan lagi.

Mempunyai Logo SNI

Pilihlah semen yang kualitasnya sudah memenuhi sebuah standar tertentu. Standar yang dimaksud setidaknya adalah standar SNI atau Standar Nasional Indonesia. Hal ini merupakan jaminan mutu dari sebuah produk yang telah diuji dalam sebuah sistem pengujian yang bisa dipertanggung jawabkan.

Demikianlah tips yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara memilih semen terbaik untuk digunakan sebagai bahan membuat bangunan rumah. Jangan tertipu dengan harga semen yang murah. Karena membeli mahal sekarang akan lebih hemat dibandingkan anda membeli semen dengan harga yang murah namun akan sering memperbaikinya. Semoga menginspirasi anda.

Tags: #Harga Semen #Memilih Semen Berkualitas

banner 300x280

Leave a reply "Tips Memilih Semen yang Baik Digunakan"

Author: 
    author